We Share A Brain

Tutorial Manipulation + lighting effect [Photoshop]+PSD



Halo SilentBrother! disini kami akan membagikan setetes ilmu tentang editing , lebih tepatnya editing dengan Software photoshop .Tutorial kali ini akan membahas cara memberikan efek dramatis kepada sebuah foto dengan teknik pencahayaan(lighting)
yaudah gausah banyak basa basi , langsung cekidot

bahan yang di perlukan dalam tutorial kali ini adalah
kereta.jpg
- moon.png (cari di google banyak)
- niat dan kesabaran :v


berikut langkah langkahnya


  • 1. Buka kereta.jpg di software photoshop



  • 2. Copy (CTRL+J) background layer lalu tekan (CTRL + Shift + U) untuk desaturate, lalu (CTRL-L) untuk mengatur "levels" pencahayaan , ikuti seperti gambar berikut





  • 3. berikan efek shading hitamdi sekitar area yang diberi tanda warna merah seperti dibawah ini menggunakan brush (hardness = 0% , opacity 100%) setelah itu beri efek blur di menu filter > blur > Gaussian Blur (atur sendiri radusnya)




  • 3. Buat layer baru (CTRL+Shift+N) dengan nama "lampu1", Kemudian buat cahaya di lampu keretanya dengan menggunakan brush (hardness 0%,warna putih,size sesuaikan sendiri) , setelah di brush langsung ke filter > blur > gaussian blur (radius nya sesuai keinginan , disini saya menggunakan sekitar 15px)



  • 4. buat layer baru dengan nama "lampu2" untuk mempertegas cahaya tadi , gunakan brush dengan size yang SEDIKIT lebih besar (lihat tanda merah) dari sebelumnya lalu ubah mode layer menjadi "overlay"

  • 5. buat lagi layer baru dengan nama "cahaya1" untuk memberi efek cahaya pada area yang diberi tanda merah , gunakan brush lagi (hardness 0% , opacity 100%) , setelah di brush beri efek "GAUSSIAN BLUR" lalu atur radiusnya . turunkan layer opacity menjadi sekitar 50%

  • 6. setelah itu buat layer baru dengan nama "cahaya2" untuk membuat cahaya yang muncul dari lampu     tsb , gunakan pen tool (P) lalu buat garis searah dengan posisi lampu tersebut . kemudian klik kanan "stroke". lalu berikan efek blur (Gaussian Blur) pada layer ini .



  • 6. masukan gambar moon.jpg yang telah di download dan posisikan sesuai keinginan kalian
  • 7. buat layer baru lagi dengan nama "cahaya bulan" untuk membuat bulan nya bersinar , cukup gunakan brush saja , kemudian beri efek blur sesuai kebutuhan
  • 8. buat layer baru untuk "cahaya pantulan" dari cahaya bulan , gunakan pentool , lalu stroke bagian yang kira2 akan terkena cahaya bulan ,hapus juga di setiap ujung "stroke"nya kemudian beri efek " Gaussian blur"

  • 9. tambahkan efek "cloud" di menu >filter>Render>Clouds/Difference Cloud . kemudian ganti mode layer menjadi "overlay" dan opacity menjadi sekitar 30%-40% , atau bebas.

  • 10. buat layer "BlueFX" baru untuk memberi warna latar biru dengan memberi "paint bucket" ke layer kosong yg baru dibuat tadi . ubah menjadi mode "overlay" lalu kurangi "opacity" (tidak selalu harus 60%)

  • 11. buat layer "coklat" baru untuk memberi warna latar tambahan, lalu gunakan kembali paint bucket dan beri warna coklat, ubah menjadi "overlay" lalu kurangi "opacity" (tidak selalu harus 55%)

  • 12. Untuk memertegas cahaya dari lampu keretanya , kita bisa copy layer "blueFx" , lalu hapus warna biru dari layer "BlueFx copy" dengan erase tool di bagian selain area sinar lampu keretanya. (hapus selain di tanda merah)

  • 13. FINAL TOUCH , susun layer menjadi seperti berikut 

+BONUS+ jika gambar tidak sesuai keinginan maka gunakan tips langkah no 14
  • 14. sampai sini kita harus menggunakan insting pencahayaan kita dengan mengatur kembali "opacity" dari layer-layer tadi untuk menyempurnakan gambarnya 
Berikut file PSD nya kereta.psd [8MB]

Sekian dari kami , maaf apabila kekurangan , silahkan bertanya dan koreksi jika ada kesalahan di kolom komentar
Terimakasih ,tunggu tutorial dan info lainnya di blog kami .


Labels: photoshop, tutorial photoshop

Thanks for reading Tutorial Manipulation + lighting effect [Photoshop]+PSD. Please share...!

0 Comment for "Tutorial Manipulation + lighting effect [Photoshop]+PSD"

Back To Top